Espíritu de Trabajo

Sastra adalah kehidupan. Upaya untuk terus berkecimpung di dalamnya, dengan memahami setiap kehidupan, mengasah kepekaan emosi dan selalu bergulat dengan pengalaman. Maka saya benar-benar cinta dunia Sastra. Meski sampai kini saya belum mampu untuk menembus penerbit dengan berbagai karya-karya saya, namun, saya tetap optimis, demi tetap mencintai sastra. espíritu de trabajo adalah sebuah kalimat yang mampu membuat saya bangkit dan semangat setiap kali terpuruk dalam segala hal. Bagi saya, berkarya adalah suatu tindakan yang benar-benar menyenangkan, meski terkadang dalam berkarya tidak melulu mulus. Selalu ada halangan dan atau penolakan.

Bagi saya penolakan bukan berarti segalanya akan berakhir. Jika satu karya saya tidak dilirik sama sekali oleh orang, baiklah, maka saya selalu bersemangat untuk berkarya lebih menggila lagi. Sebab saya percaya, ide adalah kekayaan manusia yang tak akan pernah habis. Berapa banyak ide yang bisa dihasilkan oleh otak manusia? Seribu? Sepuluh ribu? Seratus ribu? Satu juta? Satu milyar? Satu triliun? Saya tidak tahu. Mungkin perlu ada penelitian lebih lanjut untuk mengetahui hal ini. Namun yang perlu kita lakukan sekarang adalah bersemangat dalam berkarya. Sebab dengan memiliki semangat dalam berkarya, saya yakin ide yang tak berbentuk itu pun akan menjadi sesuatu bentuk. Sebab karya adalah bersumber dari berbagai ide yang dihasilkan manusia.

Dan saya percaya, jika para penulis (sastrawan) telah kehilangan sentuhan dalam kehidupan dan mata batinnya tak pernah lagi bergulat dengan segala carut-marut kehidupan, hilanglah sumber inspirasi yang begitu berarti untuk dituangkan ke dalam hasil karyanya. Akhirnya hukum evolusi akan berlaku, dimana yang kuat dan memang memiliki keseriusan dan kecintaan terhadap sastra akan terus bertahan dan terus melahirkan karya. Saya selalu yakin, bahwa dengan semangat saya dalam berkarya akan menjadikan saya lebih mengerti dan menikmati hidup. Meski banyak “penolakan” untuk beberapa karya saya, saya yakin suatu saat akan banyak juga “penerimaan” bagi karya saya.***

Tidak ada komentar: