Catatan Kecil Zuma: Pertanyaan Bego buat Raditya Dika

Hari ini sebenernya gue ditugasin oleh Madig Kampus gue buat ngeliput acara “Gue Cinta Indonesia”—di mana dalam acara itu akan diisi oleh penulis buku-buku kocak, Raditya Dika, dan pencetus #IndonesiaUnite, Panji “Kena Deh!”—dan rencananya hasil liputan gue itu juga akan gue bagikan informasinya buat majalah kampus gue, tapi semuanya GATOT alias Gagal Total. Soalnya dalam acara tersebut, setiap perwakilan bidang informasi harus hanya mengirimkan satu wartawan. Dan rencana awal sih gue yang ditugaskan, tapi, berhubung temen gue ngeebeeet bangat pengen meet and greet sama Radit, sampe akhirnya gue kasihkan dah tiket itu ke dia.

Dan sebelum acara tersebut dimulai, ketika di basement, gue ketemu sama Panji ‘Kena Deh!’. Dengan gagahnya dia keluar dari mobil pribadinya dengan mengenakan celana pendek warna putih dan t-shirt merah bertuliskan sesuatu nama yang gue lupa! (hehe) Gue yang kebetulan tadi bareng sama temen gue, sedikit rada aneh dengan artis satu itu. Dalam hati gue bertanya-tanya: “Kok artis tapi gak ada manajernya, ya? Nggak kaya artis-artis laen.” Dan temen gue bisik-bisik sama gue, “artis tapi kok kayanya biasa banget, ya?” katanya, “Eh, mumpung dia masih di dalem mobil, mending kita samperin yok! Kita ajak photo bareng.” Tambah temen gue. Sejenak gue mikir. Hmm... dalam pikiran gue berkutat, ada beberapa kemungkinan jika Panji kami samperin:

1. “Ya elah, siapa pula nih anak kecil item berdua, pasti Cuma anak kuliahan sini yang lagi pengen tahu tentang #Indonesia Unite!”
2. “Hmm... boljug nih penggemar, siapa tahu malah bikin gue tenar.”
3. “Eitsss, entar dulu, maksudnya apa nih, jangan-jangan Cuma wartawan yang pengen jelek-jelekin nama gue”
4. “Halaahhh... paling Cuma anak kuliahan yang ngefans sama lagu-lagu gue. Tapi, kalau dilihat dari tampang, kayanya gak mungkin deh mereka suka sama jenis musik gue, soalnya tampangnya rada kusut dan dekil gitu”
5. “Yeaahhh.... tambah dua lagi yang bisa gue add di Facebook ato Twitter”
6. “Ah, pasti nanti Cuma menuh-menuhin inbox gue.”
Hehe... begitalh pikiran buruk yang terus menggelayuti otak gue. Sampai akhirnya, karena terus berkutat antara ragu dan mau, sampai kahirnya Panji sudah keluar duluan dari mobilnya dan dijemput oleh dua orang cowok sama cewek untuk masuk melewati lift basement. Temen gue langsung bertampang sok nggak asik.

Dan ketika acara mulai, sebenernya pas di sesi Raditya Dika, gue pengen nanya banyak hal sama dia, tapi, berhubung gue nggak ditunjuk-tunjuk sama dua host-nya, akhirnya gue harus menyimpan dengan penuh kebimbangan akan pertanyaan-pertanyaan gue untuk Radit. Sebenernya gue pengen banget ikutan acara meet and greet bareng dia, tapi... hiksss hiksss tiket terbatas. Tapi, kalo keinginan gue terwujud buat ketemuan sama dia, gue mau nanya apa, ya?

1. Radit, kenapa sih lo lebih milih untuk menjadi penulis novel kocak dan dengan bahasa yang menurut gue miskin diksi? Kenapa elo nggak mau menjadi penulis novel-novel romantic syahdu yang mendayu-dayu kaya penulis semacam Eddy D. Iskandar, Andrei Aksana atau Dewi Lestari, atau Ayu Utami, mislanya?
2. Bagi tips dong supaya naskah gue bisa diterbitin di penerbitan buku lo!
3. kenapa sih lo mau mengidentikan diri dengan sosok yang “bego”? maap, ini bukan atas pernyataan gue, tapi gue mendapatkan pertanyaan ini ketika gue membaca buku-buku lo atau cover-cover buku lo dan ketika gue baca satu buku yang ditulis oleh team editor yang nerbitin buku lu, yang judulnya: “Tolong, Radit Membuat Saya Gila”.
4. Kenapa judul buku-buku lo selalu nyantumin nama binatang, dari Kambing Djantan sampe yang sekarang menjadi proyek lu, “Marmut Merah Jambu”?
5. Oh, ya, kalau buku-buku lo yang laen bakalan difilmkan lagi, cocoknya siapa yang bakalan menjadi tokoh utama film lo lagi? Pilih, Raditya Dika, Raditya Dika, atau Raditya Dika?
6. Oh, ya, kenapa sih buku lu bisanya cuma muat cerita-cerita pendek lu doang? Kenapa nggak bikin satu cerita utuh dengan satu tema tapi dalam format novel? Inget, Dit, gue nunggu-nunggu banget tulisan lo dalam sebentuk novel!
7. Gimana rasanya sebagai cowok yang pernah nembak 7 kali tapi ditolak 9 kali?
8. Lo bukan perokok, ya? Kalau lo mau ngerokok, mau rokok apa?
9. Apakah lo sering denger komentar-komentar pahit tentang buku lo? Dan komentar seperti apa yang paling bikin kamu ketawa?
10. Pilih, dari talk show tadi, lo selalu nyebutin nama orang yang kamu suka sebab alesan lo itu merupakan nama Indonesia banget: Bambang dan Dito(kalo gak salah). Nah, lo lebih milih mana diantara keduanya?

Hahaha... bener-bener pertanyaan bego, ya? Maafkan gue, sebab secara jujurnya, kalo gue dikasih waktu berdua untuk menginterviw Raditya Dika, pasti gue bakalan nanya gini. Hehe...

Tidak ada komentar: