Catatan Kecil Zuma: Teknik Reportase

Tutor gue kemaren pas di Radio Broadcasting School adalah Ricky Luven dari Rama FM. Utamanya dia mengajarkan pada kami tentang teknik reportase. Tetapi, secara nyatanya, dia mengajarkan kepada kami (khususnya gue) banyak hal. Perawakannya yang lembut dan kocak begitu membuat gue tak hentinya terbahak dari awal sampai akhir acara. Sebab banyolannya benar-benar segar dan (sungguh) membuat gue begitu mengidolakannya.

Reportase merupakan suatu kegiatan mencari, mengumpulkan, mengolah, menyajikan. Sedangkan menurutnya, antara berita dan informasi adalah sesuatu yang berbeda: Sebab berita tidak selalu menjadi informasi untuk khalayak, sedangkan informasi selalu menjadi berita bagi audience.

Informasi terbagi menjadi 3: data, factor dan keterangan. Dan informasi sendiri memiliki 2 jenis, diantaranya formal dan infirmal.

4 teknik dasar reportase:
- teknik menulis
- teknik membaca
- teknik vocal
- suara yang standar

Sedangkan pedoman dasar reportase adalah:
- accurat: singkat, padat dan jelas.
- objective
- balance
- inpartial

Reportase harus memiliki "effect M.S.G", maksudnya di sini adalah agar cita rasanya bahasa dan laporan kita keluar. Dalam hal ini, buat orang lain melihat apa yang kita lihat dan buat orang lain merasa mendengar apa yang kita dengar. Waktu untuk reportase hanya berkisar minimal 1-3menit dan maksimal 5 menit.

Ada 3 sesi yang harus gue lalui buat ber-reportase. Namun, yang akan gue tampilkan dalam catatan kecil gue ini hanya contoh berikut ini:

rumus dasar: 5W+1H

What: "Gue Cinta Indonesia"
Who: Raditya Dika, Pandji "Kena Deh!"(merupakan pendiri #IndonesiaUnite! MC: Abee dan Akay dari 99ners
Where: Kampus 1 IM Telkom, daerah Telkom Learning Center
When: 13 Dec 2009, 01-05pm
why: Talk Show tentang Indonesia Unite sekaligus bedah buku Raditya Dika. Doorprize, hiburan; sekolah musik Hary Roesli
How: Laporan pandangan mata.

Kemudian gue baca begini:

99ers the funy funky station. Halo sahabat 99ers, lagi apa nih sekarang? Kalo gue sekarang lagi ada di satu event yang bertajuk "Gue Cinta Indonesia". Di mana itu adalah sebuah acara talk show tentang Indonesia Unite sekaligus bedah buku penulis besst seller "Kambing Djantan" Raditya Dika, lho! Selain itu, di acara ini kalian akan ada banyak doorprize yang seru dan menarik. Hmmm... ada juga hiburan dari sekolah musik Hary Roesli. Dan di sini juga selain ada Raditya Dika, juga ada Pandji "Kena De!" yang merupakan pendiri #IndonesiaUnite!. Kalau lo pengen dateng, dan meet and greet bareng Raditya Dika, lu bisa beli tiketnya terlebih dahulu seharga cuma 50.000perak. Lu bisa ngobrol bareng sama Raditya Dika, lu bisa photo bareng, minta tandatangan dan lu bisa aoa aja deh. hehehe.... Dan untuk tiket ikutan talk show-nya sendiri, cuma 25.000perak doang! Makanya, buat kamu yang belum dateng, cepetan dateng sekarang, sebab lo bisa beli tiket secara on the spot! Dan kalo ada niatan buat dateng nih, dateng aja deh di Kampus 1 IM Telkom, daerah Telkom Learning Center, Gegerkalong Hilir. Acaranya cuma di gelar hari ini, INGAT!!! Cuma digelar hari ini mulai pukul 1 siang sampai pukul 5 sore. Makanya, sekarang masih ada waktu beberapa jam lagi untuk ikutan acara ini. Datang dan bawa temen kamu banyak-bayk, serta raih doorprizenya yang keren-keren!

Demikian laporan Zuma, kita kembali ke studio.


2 komentar:

rezantara mengatakan...

kalo menurut nara sumber kamu (si Ricky Luve itu) berita tidak selalu informasi sedangkan informasi selalu berita, sepertinya kok dari hasil kerjaku di lapangan(n teori) justru itu terbalik. tidak setiap informasi bisa menjadi berita sebaliknya setiap berita merupakan informasi (terlepas itu berguna atau nggak bagi audiense)....penjelasannya gimana? bisa didiskuksikan secara 4 mata hehehe...

Jumali Ariadinata mengatakan...

huduuhhh... saia juga nggak tahu, Mas. Itu kan menurut guru reportase saia... :). Kalo bicara empat mata mah kapan-kapan aja deh kalo udah ketemu di satu liputan... jahaha...