Catatan Kecil Zuma: Request Program

Yang jadi tutor gue hari ini Dj Banyu Biru dari Ardan FM. Kami latihan request program. Sebelum masuk pada sesi tersebut, terlebih dahulu Banyu banyak maparin ke kami banyak hal tentang radio broadcast. Cuma yang gue ingat petuah dari dia adalah ketika dia bilang, bahwa ciri-ciri penyiar yang bagus: banyak pendengar, dan diikuti pendengar/dimengerti. Jadi, gimana cara supaya gue bisa menjadi penyiar yang bagus tersebut, tentu dengan cara gue harus memiliki karakter unik, berani tampil dengan sajian yang berbeda, dan tentunya harus tetap pede menampilkan apa yang menjadi kemampuan gue.

Dia mengajarkan banyak hal. Diantaranya mengenai format request yang benar:

kata sapa + nama yang merequest + lagu yang direquest + salam-salam + spesial + ucapan.


Langsung aja gue performance dengan mengambil beberapa sample SMS request. Mari baca contohnya bareng-bareng:

1. Format SMS: Hallo + Ismi + Lenka(Trouble is a Friend)+ Andi, Linda dan temen-temen yang lagi ngerjain tugas + Reza + Kapan, dong main ke kostan?

Gue baca: Hallo Ismi, Ismi mau dengerin lagunya Lenka yang Trouble is a Friend. Dan kirim salam buat Andi, Linda dan temen-temen yang lagi ngerjain tugas. Spesialnya buat Reza. Ucapannya, kapan dong main ke kostan? Jaahhh, si Ismi ah, nakal! “Ngundang” banget! Tapi, Reza, ati-ati lho, jangan-jangan lu malah dibabuin buat ngebersihin kostannya Ismi. Haha...

2. Format SMS: Hy + Andien + David Archuleta (Crush) + Enda, Indah, Dewi, Cindy, Kiki + Bokap, Nyokap + Kangeeennn bangeettt...

Gue baca: Hy Andien, Andien mau request lagunya David Archuleta yang Crush, dan Andien mau kirim salam buat Enda, Indah, Dewi, Cindy, Kiki. Dan spesialnya buat Bokap dan Nyokap. Ucapannya, kangeeennnn bangeettt... hmmm... ternyata Andien anak yang berbakti juga ya sama ortu. Makanya, Andien, setelah ini, lu cepet-cepet SMS ortu lu, suruh mereka telpon elu, biar kangen lu bisa terobati. Hehe...

3. Format SMS: Hy + Tya + Agnes (Janji-janji) + Yovan, Ndha, Eci, Ayu, Uyo, Sari + Robert + Kapan lo tepatin janji-janji buat cepet-cepet ngikat cinta kita?

Gue baca: Assalammualaikum Tya, katanya Tya mau dengerin lagunya Agnes nih yang Janji-janji. Kirim salam buat Yovan, Ndha, Eci, Ayu, Uyo dan Sari. Spesialnya buat Robert. Ucapannya, kapan lo tepatin janji-janji buat cepet-cepet ngikat cinta kita?

Note: Sebelum ngomentarin SMS-nya lebih dahulu nurunin bolume track 1 dan tekan tombol start untuk lagu yang akan diputerin. Setelah itu baru komentarin SMS requestnya. (jarak antar baca SMS requestnya jangan sampe berhenti)

Huduuuuhhh... ternyataaah... si Tya ini udah nggak ketahanan lagi ya. Buat Robert, kasian tuh si Tya, Bro, udah nunggu-nunggu janji-janji kamu... daripada dia lari duluan dari pelukan lo, mendingan langsungin aja deh, Bray. Hehe...

Dan catatan dari Dj Banyu buat gue: cara penyampaian gue seperti “Ngejar Bis Kota”, mixing-nya kurang lancar, dan pernapasan kurang lancar. Cuma, dalam hati gue bilang, “Mas Banyu, soalnya lu gak tahu gimana kondisi gue saat ini. Gue lagi meriang, pilek, flu, demam, sakit kepala, dan radang tenggorokan. Jadi, suara gue rada serak dan karena hidung gue tersumbat, ya jadinya ngatur napasnya gue susah!”

Tidak ada komentar: