Pasar Seni ITB 2010


Hari minggu 10 Oktober lalu, saya dan beberapa rekan kampus berduyun-duyung mendatangi arena kampus ITB untuk turut meramaikan jalannya Pasar Seni yang diadakan oleh institusi pendidikan tersebut.

Suer deh, seandainya gak ada desakan liputan dan tugas dari dosen, sebenarnya saya sedikit pikir-pikir buat datang ke acara tersebut. Sebab suasananya benar-benar membikin saya geregetan. Gimana enggak? Sebab saya harus jalan kaki dari Simpang Dago sampai eks Pasar Balubur cuma gara-gara jalan penuh sesak oleh kendaraan yang sama sekali gak bisa jalan. Beuuhhh… gerah, panas, dan berdesak-desakan dengan pengunjung lain.



Begitu sampai di arena stand, rasa jengkel saya sedikit terobati setelah saya melihat beberapa karya yang dipamerkan stand-stand yang ada cukup menarik minat saya. Sebenarnya banyak stand yang menarik di Pasar Seni tersebut. Namun, menurut saya, Komunitas Pelayang Bandung cukup keren. Di mana pada stand tersebut banyak terdapat Layang-layang dengan berbagai macam bentuk yang unik dan tentunya dengan desain yang menarik.

Bukan hanya Layang-layang saja hasil kreativitas yang dipamerkan di stand tersebut, tetapi, uniknya, pada stand tersebut terdapat pula hasil karya yang tidak kalah unik, yakni, pesawat mainan dengan desain yang menggunakan bahan dari sejenis kertas, dengan baling-baling plastik yang bener-bener keren!

Produk kreativitas tersebut dikemas dalam kemasan yang menarik, sehingga produk tersebut menjadi souvenir yang menarik, baik sebagai hadiah, oleh-oleh untuk kerabat dan keponakan, dll. Menariknya, pesawat tersebut sudah dinamai dengan berbagai macam nama & tipe tertentu, ada Marines 8H341, Bali, Navi dengan tipe tertentu, dll.

Cara kerja pesawat ini cukup simple, dan kita dengan mudah dapat menggunakannya. Hanya dengan memutar baling-baling sebanyak yang kita mau, maka, pesawat mungil itu akan terbang sesuai dengan banyaknya putaran baling-baling pesawat tersebut.

Menurut penjaga stand, bahwa pesawat mungil mainan tersebut sudah dilakukan riset dan membuktikan bahwa dari 1000 pesawat yang diterbangkan, ternyata hanya 3 pesawat yang hilang, dan itu membuktikan bahwa pesawat tersebut memang sudah teruji (terutama dari segi kualitas).

Saya rasa, memang, pasar seni merupakan pesta seni yang menarik dan sangat menghibur sekali. Rasanya kerinduan akan pageleran seni yang menarik semacam ini dapat terus dinikmati pengunjung dan penggila seni di Kota Bandung. Sebuah hiburan yang mengobati kehausan nurani pengunjung. Bandung pada hari ini macet total, tapi suasana ini tidak menyurutkan masyarakat dan pencinta seni untuk merasakan kegembiraan bersama di lokasi Pasar Seni ITB tahun ini.


Namun, seandainya saya punya kuasa buat curhat atau kasih usulan dengan panitia acara, saya pengin kasih beberapa kritik dan saran buat tim mereka, tentang: masalah keamanan dan ketertiban yang harus perlu ditingkatkan, sebab banyak sekali teman-teman dari kampus saya yang harus kecewa dan menyesal datang dalam acara tersebut dikarenakan kecopetan, dompet hilang, handphone lepas dari tangan (haha).

Dan lagi, masalah tata letak stand/stage yang harus lebih diatur dengan baik lagi, agar pengunjung lebih menikmati suasana pasar seni tersebut. Tempat parkir yang sangat minim, menyebabkan pengunjung sembarang parkir sehingga menyebabkan terjadinya kemacetan panjang. Pusat stand atau informasi tidak hanya ada di pintu depan saja, sebab banyak juga pengunjung yang datang dari arah pintu belakang ITB (dan bahkan banyak orang yang tidak tahu akan letak dari pusat informasi itu sendiri). Satu lagi yang terlupakan, WC Umum yang kurang nyaman, dan kurang mencukupi kapasitas pengunjung yang jumlahnya sangat membludak. Dan yang sungguh mengherankan, ketika saya akan buang air, saya harus ngantri panjang dan harus memanjat tangga untuk menuju ke WC (yang hanya sebentuk mobil truck) di antara kerumunan pengunjung.

Semoga peregelaran pasar Seni ITB 4 tahun ke depan lebih semarak lagi dan dijadual dengan baik. Simpul-simpul kemacetan di kota Bandung nantinya dapat terurai dan masyarakat semua dapat menikmati hiburan gratis ini dengan nyaman dan teratur, semoga saja.

Tidak ada komentar: